Senin, 14 November 2011

Meningkatkan Motivasi Belajar

Motivasi belajar dapat digolongkan menjadi tiga, yaitu :
1. Adanya kebutuhan, pada dasarnya manusia bertindak untuk memenuhi kebutuhan, baik fisik maupun psikis.oleh karena itu kebutuhan bisa dijadikan dasar untuk meningkatkan motivasi belajar. Setiap orang butuh atau perlu pengetahuan untuk menjalani kehidupan dan untuk memenuhi kebutuhan pengetahuan ataupun ketrampilan manusia perlu yang namanya belajar.
2. Adanya pengetahuan tentang kemampuan dirinya, Mengetahui kemajuan yang telah diperoleh dirinya baik berupa prestasi, pengalaman dan sebagainya merupakan faktor yang mempengaruhi motivasi belajar. Oleh sebab itu dengan mengetahui prestasi dan pengalaman yang telah diperoleh,manusia akan dapat menentukan dirinya telah mencapai kemajuan atau bahkan kegagalan. Dengan demikian manusia akan terdorong untuk meningkatkan dan mempertahankan prestasi baiknya dan akan mengoreksi diri untuk memenuhi sebab-sebab kegagalannya. Oleh karena itu penting sekali adanya penilaian atau evaluasi terhadap keseluruhan kegiatan secara kontinyu.
3. Adanya aspirasi atau cita-cita. Aspirasi atau cita-cita dalam belajar yang menjadi tujuan hidup manusia akan menjadi pendorong bagi seluruh kegiatannya dan pendorong bagi belajarnya. Aspirasi atau cita-cita tersebut sangat dipengaruhi oleh tingkat kemampuan manusia itu sendiri. orang yang memiliki tingkat kemampuan yang baik akan mempunyai cita-cita yang lebih realitis jika dibandingkan dengan orang yang memiliki tingkat kemampuan yang rendah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar